Thursday, February 23, 2023

Kondisi Kulit di Umur 30-an

Umur saya 35 tahun ini. Saya baru mulai merawat kulit wajah dengan cermat sekitar tahun 2015, sesuai post yang saya upload di instagram. Jadi sekitar 8 tahun lalu. Bagaimana kondisi kulit saya setelah 8 tahun ini merawat kulit wajah? Jenis kulit saya cenderung kering, baik wajah maupun tubuh. Selama 1-2 tahun belakangan, saya merasa jenis kulit saya berubah menjadi normal, cenderung akan kering ketika saya sedang skip skincare routine. Jadi saya merasakan adanya perubahan dari serangkaian skincare routine yang saya lakukan selama ini.

Tapi yang saya rasakan betul perbedaannya, dulu kulit wajah saya bisa dibilang mulus tanpa adanya jerawat. Memang biasanya jenis kulit kering cenderung tidak berjerawat. Namun belakangan ini, mulai tumbuh jerawat di bagian pipi saya. Rasanya cukup kaget, tapi saya yakin kalau semakin khawatir nantinya jerawat akan makin sulit hilang. 

Setelah saya runut kembali apakah ada kesalahan dalam skincare routine yang saya lakukan, sepertinya saya menemukan jawabannya. Kurang tertib memakai sunscreen, tidak double cleansing setelahnya, dan berkurangnya skin barrier di umur 35 ini. Jujur saja saya baru tahu pentingnya memakai sunscreen baru 2-3 tahun belakangan ini. Sebelumnya, padahal di malam harinya saya memakai skincare dengan kandungan aktif seperti AHA atau retinol, tapi besok paginya saya tidak memakai sunscreen! Kalau ingat hal tersebut rasanya menyesal sekali, terjawab sudah mengapa skin barrier saya berkurang sehingga muncul darkspot dan juga jerawat. 

Apa yang saya lakukan untuk mengatasi masalah kulit tersebut? Intinya tidak boleh skip memakai sunscreen, reapply sunscreen setiap 3-4 jam sekali, dan tidak boleh lupa double cleansing. Kenapa harus double cleansing? Karena sunscreen tidak akan bisa hilang kalau kita hanya membersihkan wajah dengan sabun. Nantinya akan menyumbat pori-pori dan akhirnya tumbuh jerawat ataupun komedo. Bersihkan dulu wajah dengan cleansing oil/balm, dilanjutkan dengan sabun wajah. Setelah bersih maka kulit wajah akan siap menyerap kandungan-kandungan dalam produk skincare

Jadi menurut saya, perbedaan kondisi kulit di umur 30-an dibandingkan dengan umur 20-an adalah skin barrier nya. Semakin menua, skin barrier akan menurun atau berkurang. Dulu di umur 20-an saya merasa kulit saya kuat, kulit badak, tidak pernah breakout, ya mulus-mulus saja. Ternyata di umur 35 ini baru terasa perbedaannya. Jadi memang kondisi kulit harus selalu dijaga supaya selalu sehat. Saya akan membahas produk-produk skincare yang selama ini saya pakai di tulisan selanjutnya. Semoga tulisan ini menjadi awal yang menyenangkan untuk melanjutkan kembali kehidupan blog ini. Bismillah :)

No comments:

Post a Comment